Senin, 11 Agustus 2014

Tadabbur QS Al-Waqiah : 93

Hari ini saya membuka QS Al-waqiah yang menurut nabi dapat 'menolak' kemiskinan (jika diimani dan diamalkan dengan benar) ayat 93;

فَنُزُلٌ مِنْ حَمِيم
 
"Maka Dia mendapat hidangan air yang mendidih,"

Lalu di bawahnya ada tafsir, begini kutipannya;


"Ketika seseorang merasa marah dan gelisah, segala upaya untuk melenyapkan amarahnya itu biasanya akan ditolak oleh luapan emosi yang sudah membakar hatinya. Inilah air mendidih di dunia yang selalu berujung malapetaka yang kelak akan berubah menjadi hidangan api mendidih di neraka.

Api lahiriah dapat dicegah agar tidak semakin membesar dan diketahui batas-batasnya. Sementara itu api batiniah seperti hasrat, nafsu, rasa takut dan amarah tidaklah terbatas. Diumpamakan manusia yang sedang marah, tetapi tidak mempunyai iman, itu seperti pohon kering yang terkena api. Semakin kering pohonnya maka semakin besar apinya. Begitu halnya dengan manusia yang sudah kering imannya. Semakin jauh dirinya dari Allah maka semakin kerontang jiwanya. Inilah kaum (dalam ayat 92-nya) disebut sebagai mukadzibin (orang-orang yang mendustakan) yang sudah disediakan air yang mendidih."

Demikianlah semoga menjadi bahan perenungan, kemudian Allah menjadikan kita bukan bagian dari kaum mukadzibin. Aamiin. Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya, juga sungguh benar rasul-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar