Senin, 11 Agustus 2014

Tadabbur QS 12:16

Allah SWT berfirman

ﻭﺟﺎﺀﻭﺍ ﺃﺑﺎﻫﻢ ﻋﺸﺎﺀ ﻳﺒﻜﻮﻥ


"Kemudian mereka datang kepada ayah mereka pada petang hari sambil menangis." QS 12:16

[Manthuq/Tersurat] Ayat ini seakan hanya berbicara pertemuan antara Nabi Yaqub as di malam hari, dimana mereka ingin "merekayasa" reportasenya kepada sang ayah seputar hilangnya Yusuf.

[Mafhum/Tersirat] Memancing imajinasi ilmiah pembaca tentang body language dan face reading yg merupakan ranah personalitas yg cukup rumit. Ulasan dari tafsir Dirasah Tahliliyah, karya Dr. Ahmad Taufal, cet. II, 1999, Dar Al-Furqan, Yordania, hlm. 318 berikut sangat menguatkan akan Al-Quran sebagai kalam Ilahi yg penuh kemukjizatan. Meski redaksinya singkat, namun cakupan maknanya luas;


"Jadi demikianlah. Kebatilan menelanjangi dirinya sendiri dan membuat hina para pelakunya. Mereka (saudara-saudara Nabi Yusuf as) menghadap sang ayah di malam hari. Dan ini merupakan tanda pertama kebohongan mereka oleh terangnya siang. Topeng kebohongan ini terbongkar oleh adanya air mata buaya. Sebab jika mata bertemu dengan mata, niscaya akan terbongkar rahasia-rahasia seseorang. Lembarang yang terpampang dalam wajah (mimik) akan terbaca, meskipun tidak terungkap oleh lisan atau terangkai dalam kata-kata. Karena itu, orang yang tidak berani mengungkapkan permasalahannya di siang hari saat mampu menatap mata, maka akan mengungkapkannya di malam hari."

Orang yang berbohong biasanya tidak akan berani secara transparan, lugas, tenang, dan terbuka. Dia akan memilih waktu yg akan menyamarkan body language atau bahasa tubuhnya.

Karena raut muka dan tatapan mata di malam hari tidak akan sedetail siang hari. Meski malam tdp cahaya cukup terang, bahkan terang benderang, namun tetap sj ada perbedaan dg cahaya di siang hari.

Hal ini membuka wacana tentang keajaiban ciptaan Allah
, yakni matahari dan waktu siang, yg masih menyisakan banyak misteri di balik keduanya. Khususnya terkait pengaruhnya bg kejujuran dan niat seseorang. Karena sudah dibuktikan banyak pakar bahwa raut muka dan mata dapat menhadi indikasi dari kondisi dan kejiwaan seseorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar